Iya, mudah-mudahan…

Aku datang ke warung itu saat bulan sudah bersiaga menggantikan matahari. Sebuah warung biasa, kecil, dan agak kurang terawat. Aku kesana ingin membeli minuman. Hanya itu saja.

Tetapi alam mengajakku merenung sebentar saat dia menyambutku di warung. Namanya Olis, salah satu sahabat masa kecilku. Dia berbeda denganku dalam banyak hal : dia Islam, dan Betawi. Tetapi, dia sama denganku dalam hal sama-sama anak tunggal. Kami, sama-sama tumpuan keluarga kami. Kami dulu bermain bersama. Main bola. Grup kami cukup disegani. RT kami sempat juara dua dalam kejuaraan se-RW dalam kompetisi tujuh belasan di komplek kami. Sederhana, mungkin, tetapi cukup untuk membuat kami merasa dekat. Belum lagi kebiasaan kami bermain Playstation bersama di rumahku.

Tetapi, mungkin, sang Nasib, ingin mengajarinya hal yang lain dengan yang diajarkan padaku. Pada usia SMA, Olis suka berperilaku ganji. Tengah malam, dia suka berteriak-teriak melintasi jalan komplek kami. Dia juga suka menagngis, dan tertawa tanpa ada satupun yang mengetahui sebabnya. Kadang, dia pergi sendirian tak jelas arahnya.

Ah, seandainya keadilan ada di muka bumi ini. Tetapi, keadilan, kadang bersembunyi, di tempat dimana hati nurani pun tidak dapat menemukannya. Warung itupun seperti menggambarkan harapan kedua orangtua Olis. Barang-barang tidak lengkap, dan ditata seadanya. pembelinya pun hanya warga sekitar yang mencari kerupuk, makanan kecil yang tidak bergizi, margarin, dan minuman.

Dan di warung itulah, dua orang yang dipermainkan oleh sang Nasib pun saling menyapa.

“Reney” kata Olis
“Oi…” jawabku

dan akupun membeli minuman.

“Besok main yuk” Olis mengajak sambil tersenyum lebar
“Iya, mudah-mudahan” jawabku

One response to “Iya, mudah-mudahan…

  1. hai reney,,
    waw.
    ney,tulisan2nya khereen.kadang2 yg simpel2 dan suka luput dari perhatian malah jd ga simpel lg dsni.kyanya mkn btuh prenungan.hehe.mkasii.dpt byk pljrn nih hr ni.
    smgt!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s