Menengok… Tergoda…

….seorang teman baru saja memutuskan untuk berpacaran. Teman ini kukenal dari temanku yang lain. Dan ternyata, pacar barunya itu adalah teman SMA-ku. Dia tambah kurus. Aku tambah gemuk.

….seseorang menemukanku di Friendster. Dia ternyata mengelola sebuah grup berisi teman-teman SDku. Dan  situs komunitas sosial yang mulai ketinggalan jaman ini tiba-tiba jadi ajang reunian dadakan. Bertukar komentar-komentar, dan kontak.

Ah, menengok sebentar kebelakang selalu menyisakan godaan. Setidaknya godaan untuk melamun sebentar, dan mengingat-inget kembali kebodohan-kebodohan masa lalu. Saat-saat dimana rumahku berada tepat disebelah sekolah. Saat-saat dimana seorang guru sampai menangis saat mengajari aku. Ia bilang aku terlalu bodoh dan nakal. Guru itu mungkin benar, karena sampai saat ini aku hanya bisa kuliah di Universitas Indonesia, bukan di Harvard.

Kembali ke teman-teman SDku. Sekarang, segumpal besar dorongan untuk melakukan reuni, atau membuat milis, mulai terpikir. Entahlah, lihat saja nanti. Yang jelas, sekarang adalah waktunya untuk bersenang-senang kembali dengan teman-teman SDku. Sebelum mereka sibuk dengan anak masing-masing. Sebelum mereka menjadi terlalu tua, atau gemuk, atau sibuk, atau terlalu lupa dengan memori-memori masa SDnya.

Dan entah kenapa, biarpun absurd, mungkin kita perlu mengucapkan terimakasih kepada para pencipta internet. Mungkin, salah satunya adalah Tim  Berners Lee, yang berkontribusi pada penciptaan “http”. Dimanapun kalian berada, terima kasih karena sudah menciptakan ruang-ruang dimana semua orang dapat bertemu, termasuk didalamnya teman-teman lamaku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s