Nama Absurd Memang Lebih Baik

“Siapa namanya?”

“Reney, pak”

“Siapa? Ceney?”

“RRRReeeennnneyy, pak (!)”

“Oh.. Reni!”

Itu adalah percakapan wajar yang suka saya temui saat orang pertama kali memanggil nama saya. Saya selalu bermasalah dengan nama. Itulah kenapa saya suka memperhatikan nama-nama orang lain. Beberapa orang dilahirkan dengan nama yang ribet, seperti Adhizzeza Nandra. Well, bukannya apa yah, tapi nama macam apa yang punya 3 kata “Z” hanya dalam satu kata. Itu membuat lidah berdengung saat menyebut namanya.

Coba anda ucapkan “Reeennneyyyy”. Kalau anda mengucapkannya dengan benar, itu akan terasa lancar, seperti turun dari perosotan. Rrreeennneyyy!

Hal lain yang saya perhatikan soal nama adalah bahwa penjara dan tempat ibadah mempunya kesamaan: disana banyak orang-orang dengan nama religius. Dalam kunjungan saya ke penjara dan tempat ibadah, daftar nama napi dan daftar nama pengkotbah selalu membuat saya tersenyum. Dalam daftar nama napi, nama-nama seperti Thomas, Lukas, Yohanes (dan kadang-kadang juga Mohammad, Abdullah) dll itu banyak ditemui.Mereka rata-rata mencuri dan merampok. Ada beberapa yang pakai kekerasan.

Kecenderungan penggunaan nama religius itu persis seperti di tempat ibadah.

Well, ini sama sekali bukan tentang agamanya sih, tapi tentang orangnya. Dan tentang nama-nama mereka.

Saya jadi berpikir, mungkin kadang-kadang perlu juga menamakan seseorang dengan nama yang absurd seperti “Adhizzeza Nandra”, lengkap dengan 3 huruf “Z” untuk membuat lidahmu berdengung saat mengucapkannya. Setidaknya, nama absurd seperti itu tidak akan menjadi lucu kalau kamu sedang khilaf mencuri, misalnya.

Atau, kalau kamu tidak suka lidahmu berdengung-dengung, kamu bisa menamakan orang lain dengan nama absurd lain yang lebih bagus:

Reney.

4 responses to “Nama Absurd Memang Lebih Baik

  1. hahahaha..jadi inget pas pertama denger nama mu ney,,
    gw jg awalnya dgrny jd reny, hehehehe.piss ney..
    tapi kn berkat nama lo bs jadi jingle..

    “eh reney…Ee…elastis..”
    wakakwakkkaka…

    c u bro

  2. iya y bener banget kata l,,,
    sometimes,our parent give us name with a deep meaning,,,
    such as ,nama orang suci lah,ato nama orang2 penting,,,
    mgkn awalnya baik supya kita sama tingkah laku n perbuatanya kayak nama orang tersebut,,,
    tp kl kenyataannya kebalikannya kan kasian anaknya juga,,,
    jadi beban ma nama besar tersebut,,,
    :)

  3. halo reni, apa kabar?
    *HA!!

  4. menurut ge “reney” kedengeran keren, tapi kalo orang blm tau mungkin bisa2 dikira nama cewe’. u’re name unique dude!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s