Butiran air mana yang akan jatuh duluan?

Pernah melihat pemandangan seperti ini? Jika anda cukup beruntung, mungkin anda punya pengalaman masa kecil tentang pemandangan ini, seperti misalnya melihatnya dari jendela mobil anda saat sedang hujan. Pernahkah berpikir sendiri dalam hati, diantara banyak butiran air, bagian air mana yang akan jatuh duluan kebawah?

Inti pertanyaan yang sama dijawab oleh Malcolm Gladwell dalam dua bukunya: The Outliers dan The Tipping Point. Dalam menjelaskan tentang hal-hal makro seperti tren, wabah, dan berbagai perubahan sosial lainnya, Gladwell membahasnya di The Tipping Point. Di buku itu ia bercerita -dan berteori- banyak tentang ‘butiran mana yang jatuh duluan kebawah’. Atau dengan kata lain, ide, inovasi, atau virus apa yang akan menyebar di ‘kolam’ masyarakat.

Sementara itu, di buku “The Outliers”, Gladwell membahas tentang kenapa beberapa orang dapat mencapai hal-hal yang tidak bisa dicapai kebanyakan orang lain. Mereka, ternyata adalah orang-orang yang cukup beruntung dan cukup bekerja keras.

Misalnya, band the Beatles, kata Gladwell, bukan hanya berbakat dan punya cukup ambisi untuk jadi legenda. Mereka juga beruntung. Keberuntungan itu terjadi saat selama bertahun-tahun, mereka harus tampil delapan jam sekali setiap harinya di bar-bar di Hamburg. Hamburg, saat itu adalah kota pelabuhan yang sangat ramai, dan selalu butuh band untuk tampil. The Beatles ada di tempat dan waktu yang tepat untuk mengasah kemampuan dan kepercayaan diri mereka. Dan itu terjadi jauh sebelum mereka terkenal. Kesempatan itulah yang hampir tidak didapat band lain.

Di Tipping Point, Gladwell bercerita tentang banyak hal, seperti bagaimana Hush Puppies dapat menjadi sangat terkenal walaupun tidak melakukan kampanye iklan. Atau tentang Blues Clues dan Sesame Street yang berubah dari sekedar eksperimen acara televisi edukatif, menjadi sebuah program anak-anak yang ditonton seluruh dunia.

Tertarik untuk tahu butiran air mana yang akan jatuh duluan?

One response to “Butiran air mana yang akan jatuh duluan?

  1. ya kalo begitu pinjemin gw tu buku pas ketemuan ya! hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s