Save me Jeebus!

Jakarta mungkin bukan Yerusalem, tempat dimana tiga agama besar dunia berasal. Tapi hari raya keagamaan di Jakarta selalu menarik. Beberapa teman yang beragama lain mengucapkan selamat Paskah. Dan ini tidak sederhana… apalagi jika anda dari kecil sudah ditanamkan nilai-nilai tertentu yang membuat anda tidak mengucapkan selamat di hari raya keagamaan orang lain. Dan seperti biasa, ada pula beberapa orang mempublikasikan tentang kesalahan-kesalahan agama lain, bahkan di saat agama itu sedang merayakan hari rayanya.

Ah entahlah. Sepertinya manusia lebih tertarik untuk menjadi Tuhan atas orang lain daripada bersujud ke Tuhannya sendiri. Yang jelas, jika anda benar-benar mencari kebenaran… jika anda benar-benar ingin tahu tentang Tuhan, penasaran akan apa yang sebenarnya Dia maksud, dan terus menggugat berbagai pertanyaan-pertanyaan yang mengusik nurani, maka anda akan mempelajari kitab-kitab suci lain juga. Beserta kelebihan-kelebihannya. Dan kelemahan-kelemahannya. Dan ini akan membuat anda melihat akan hitam-putihnya dari sesuatu yang seharusnya hanya putih saja.

Tapi yang jelas, saya hanya tahu, bahwa dibalik kesalahan pengutipan maupun penerapan; melampaui segala misinterpretasi dan misrepresentasi; diatas semua keraguan, kritik, dan praktek-praktek memalukan dari beberapa pemuka agama, kita masih berharap, bahwa harapan itu memang ada. Bahwa jawaban memang ada. Bahwa segala sesuatu di bumi ini bukan hanya tentang kehidupan sekarang, tapi juga nanti. Bahwa jiwa kita suatu saat akan kembali ke tempat dimana ia seharusnya berada. Bukan disini, bukan di bumi.

Dan untuk sekarang, sepertinya saya hanya dapat meniru teladan dari tokoh paling tidak layak diteladani sedunia setelah Hitler: Homer Simpson. Setelah selama hidupnya dia tidak pernah berdoa, Homer akhirnya berdoa:

SAVE ME JEEBUS!

Mungkin lebih baik untuk jujur tentang ketidaktahuan saya tentang Dia-yang-memang-kadang-tidak-terjangkau-pikiran-saya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s